Sekilas Alat Pancing Modern

2008/7/2 7:34:00
http://myfishinggoods.com/library/3D-ShockDiawacombos.jpgAnda penggila pancing, atau ingin mulai belajar memancing dan ingin memancing di Kepulauan Seribu? Sebelum kita memancing, tentunya kita harus mengetahui seluk beluk alat pancing. Kalau kita ingin memancing di Kepulauan Seribu dan target kita ikan dengan berat di bawah 10 kilogram, alat yang kita butuhkan pertama adalah Jorang atau Rod.

Joran yang kita pilih sebaiknya tanpa sambungan (one piece), atau maksimal sambung dua (two pieces). Untuk Joran ini, Bahan yang banyak digunakan adalah fibre glass,Carbon, Grafit, Boron atau Kevlar. Panjang joran yang ideal antara 120 cm hingga 180 cm. Ukuran yang umum digunakan berkisar 5 feet 6 inch s/d 6 feet atau sekitar 168 hingga 180 cm.

Sebaiknya, kita memilih joran yang ringan dan sedikit kaku (fast taper) untuk reaksi cepat dan akurat. Dan untuk pemilihan joran ini, terserah anda dan sesuaihttp://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/9/98/Fishing_reel.jpg/800px-Fishing_reel.jpg dengan buget anda. Disarankan untuk memilih yang tidak terlalu mahal, dan yang pasti jangan yang teleskopik untuk hasil yang maksimal.

Alat kedua yang kita perlukan adalah Penggulung atau Reel. Dalam hal ini, kita cukup menggunakan sebuah penggulung Spinning Type. Tipe Reel yang baik yang ringan dan memiliki minimal 3 bantalan roda (ball bearing), semakin banyak bantalan roda, semakin baik, dan memilih reel dengan kapasitas kenur 200-400m.

Untuk peralatan yang satu ini, berlaku pepatah : Money never lies. Sebaiknya kita jangan membeli penggulung yang tanggung-tanggung, terlebih lagi bukan dari merk ternama seperti. Daripada kita kecewa dan menyesal, lebih baik mengumpulkan uang dan membeli yang bagus.

Kita juga untuk memancing sudah pasti membutuhkan senar atau lines (kenur). Untuk Senar, Kenur atau Lines yang umum dan layak digunakan adalah ukuran 8-20 lbs. Untuk pemilihan merk kenur ini, disesuaikan juga dengan kondisi keuangan. Untuk memancing dasar atau bottom fishing dan koncer.

Peralatan pancing lainnya yang dibutuhkan adalah kail atau hook. Untuk memancing dengan target ikan dengan berat di bawah 10 kilogram, mata kail yang

biasa digunakan adalah no.1,2,5,6,7. (tiap merk terkadang berlainan nomornya).

Gantilah mata kail yang telah berkarat atau tumpul; atau carilah mata kail yang cukup tajam, tetapi relative murah sehingga kita bisa menggunakannya dan membuangnya (disposable / sekali pakai))

Kail atau Hook lain yang lainnya dikenal dengan Sabiki atau Kotrek.Sabiki adalah rangkaian beberapa mata kail (minimal 5 kail) yang dibuat sedemikian menarik, menyerupai makanan ikan sehingga ikan dengan segera menyambar rangkaian pancing ini.

Biasanya SABIKI sangat efektif untuk mancing ikan umpan seperti : selar, tembang, layang, kembung, como, dll. Untuk mancing ikan-ikan ini digunakanhttp://www.topperscot.com/topperscot05/IMAGES/IMAGESFINAL/Fishing/06FishingLure.jpg nomor 5,6,7 . Untuk jenis ini, harga berkisar 5000-15000 ribu.

Kita juga membutuhkan timah untuk pemberat.Timah atau pemberat yang biasa digunakan adalah nomor 1-3-5-8, dan gunakanlah bentuk memanjang seperti peluru, karena bentuk timah yang bulat oval, mengakibatkan melintirnya kenur.

Yang tidak kalah pentingnya adalah Kili-kili. Kili-kili ini ada dua macam yaitu kili-kili peniti dan kili-kili biasa. Disarankan agar kita selalu memakai kili-kili di setiap sambungan kenur Utama dengan tali pandu (leader). Ini berguna agar senar atau kenur tidak melintir

Tidak ketinggalan juga kita harus menyiapkan Nikelin. Nikelin atau kawat yang tersedia di semua toko pancing, sangat bermanfaat ketika kita memancing ikan bergigi tajam seperti barracuda dan tenggiri Untuk mancing di Kepulauan Seribu, gunakanlah yang SOFT nomor 25-30.

Dimana peralatan kita disimpan agar tidak berserakan? Kita bisa menyimpannya di Kotak Pancing atau Tackle Box. Kotak ini berguna untuk membawa semua peralatan ketika kita hendak memancing di laut.

Tersedia berbagai macam pilihan model dan merk kotak pancing ini. Kita sebaiknya memilih dan membeli yang terlalu kecil, karena anda akan beli lagi dan beli lagi karena kotak pancing anda kekecilan. Paling tidak panjang 40-60cm. Ketika kita membeli pastikan semua peralatan pancing anda (selain joran) dapat masuk dengan leluasa dalam kotak ini. (fishing indonesia/tommy bernadus)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s